Universitas Lampung Kukuhkan Dua Profesor Baru

Universitas Lampung (Unila), Rabu, 25 Februari 2015, mengukuhkan dua orang profesor di bidang Ilmu Hukum Adminstrasi Negara, serta bidang Ilmu Teknologi Hasil pertanian. Mereka adalah Prof. Dr.Muhammad Akib,S.H., M.Hum. dan  Prof.Ir.Neti Yuliana, M.Si, Ph.D
Dalam acara pengukuhan yang berlangsung dalam rapat senat terbuka di Gedung Serba Guna Unila, keduanya  secara bergiliran menyampaikan orasi ilmiah.

Prof. Dr.Muhammad Akib,S.H., M.Hum. menyampaikan orasi ilmiah berjudul  “Aktualisasi Politik Hukum Lingkungan Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah,  Jalan Menuju Keberlanjutan Ekologi dan Kesejahteraan”.  Judul pidato ini sesuai dengan bidang keilmuan saya, Ilmu Hukum Lingkungan, sebagai bagian dari Ilmu Hukum adminstrasi. Semoga Pidato ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kebijakan pemerintah menuju keberlanjutan ekologi dan kesejahteraan.
Prof.Ir.Neti Yuliana, M.Si, Ph.D. Menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Produk Hasil Pertanian Berbasis Fermentasi Laktat dan Prospek Pengembangannya dalam Mendukung Agro Industri di Lampung.

Petunjuk Teknis Penyusunan Dan Penggungahan Dokumen Portofolio SNMPTN 2015

Penjelasan_Portofolio_Seni_dan_Olahraga_SNMPTN_2015 (Klik Untuk Melihat)

Syarat dan Pendaftaran Bidikmisi 2015

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015
  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM)
    • Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah

LEBIH LENGKAP… Pedoman-Penyelenggaraan-Bidikmisi-2015

Sumber: http://bidikmisi.dikti.go.id

Jadwal Pelaksanaan ON MIPA- PT Tahun 2015

NO Kegiatan Waktu Keterangan
1 Seleksi Tahap I 16 Februari-13 Maret 2015 Di Perguruan Tinggi masing-masing
2 Waktu Pendaftaran Peserta Tahap II 16 Maret-27 Maret 2015 Di Kopertis wilayah masing-masing
3 Penyerahan daftar peserta Seleksi Tahap II 30-31 Maret 2015 Dari Kopertis ke Ditjen Dikti
4 Seleksi Tahap II 8-9 April 2015 Setrentak di 14 wilayah/regional
5 Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II 14-Apr-15 Di laman http://dikti.go.id
5 Penyelenggaraan Seleksi Tahap III 24-28 Mei 2015 Termasuk penetapan pemenang

Jadwal Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2015

Pemberitahuan Jadwal Kegiatan PL PPM PKM 2015 (Klik Untuk Melihat)

Seleksi Calon Peserta Antar Negara (PPAN) Tahun 2015

Seleksi Calon Peserta Antar Negara (PPAN) Tahun 2015 Lembar 1 Seleksi Calon Peserta Antar Negara (PPAN) Tahun 2015 Lembar 2

Beasiswa Bakrie Center Foundation (BCF)

Di Tulis Oleh Hasan Azhari Nawi 29 January, 2015.
Perkenankan kami mengucap puji syukur kehadirat Tuhan YME atas semua berkah dan karunia yang diberikan kepada kita selama ini, terutama kerjasama yang sudah berjalan baik antara Bakrie Center Foundation (BCF) dengan Universitas serta Program Pascasarjana Universitas Lampung.
Bakrie Center Foundation yang didirikan sejak tahun 2010 sampai saat ini sudah memberikan kurang lebih 400 Beasiswa kepada Mahasiswa di 11 Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Negeri di pulau-pulau utama di Indonesia. Lebih lanjut, lebih dari 1500 Mahasiswa Pascasarjana di masing-masing mitra BCF ini sudah mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan dari BCF yang kami namakan LDGS (Leadership Development for Graduate Students).
Adapun pada bulan Februari 2015 ini, BCF akan kembali membuka kesempatan kepada mahasiswa terbaik yang saat ini berada dalam Program Pascasarjana di masing-masing Universitas mitra kami, untuk memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa. Pada prinsipnya untuk jumlah penerima beasiswa serta persyaratan dasar serta nilai beasiswa yang akan diterima masing-masing penerima beasiswa tidak berubah dari tahun-tahun yang sudah berjalan.
Perubahan yang terjadi dan berlaku untuk tahun ini adalah proses seleksi dari calon pendaftar penerima beasiswa. Kalau sebelum ini proses awal setiap calon harus melewati Unversitas/Pascasarjana terlebih dahulu, mulai tahun 2015 ini kami membuka link khusus (http://bit.ly/1z1KR1a ),sehingga peminat bisa mendaftar langsung dengan mengisi Formulir yang ada di link tersebut.

Download-Deskripsi-Flow-Pendaftaran-BGf-2015

Sumber:http://pasca.unila.ac.id

Materi Lengkap Beban Kerja Dosen (update 05 Februari 2014)

PEMBINAAN KARIER JABATAN DOSEN

SIPKD (Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen)

DIKTI mencanangkan pelaksanaan Sistem Informasi Pengembangan Karir Dosen (SIPKD) kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia sebagai penyempurnaan pelaksanaan program Beban Kerja Dosen (BKD). Pelaksanaan SIPKD tersebut berkaitan dengan Alokasi Tunjangan Profesi dan tunjangan dosen, Penetapan kenaikan Jabatan Akademik, dan Alokasi BOPTN.

Dosen dinyatakan lulus antara lain mendapatkan nomor induk dosen nasional (NIDN), biodatanua diakui dan dimasukkan dalam database Ditjen Dikti dan mendapatkan fasilitas untuk pengembangan misalnya beasiswa, hibah penelitian, pengabdian masyarakat, dll. Semua dosen yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) wajib mengisi SIPKD, meskipun dosen yang bersangkutan sedang tugas belajar. Read more »

Permenristek & Dikti no. 2 Tahun 2015: Penerimaan Mhs Baru Program Sarjana PTN

Silakan unduh :

Peraturan Menteri Ristek & Dikti no. 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri

PENGUMUMAN! Validasi SPP dan Pengisian KRS Online Genap TA.2014/2015

Untuk Validasi SPP Semester Genap TA.2014/2015 TIDAK PERLU VALIDASI SPP KE REKTORAT BAGIAN KEUANGAN, KARENA DENGAN OTOMATIS AKAN DIVALIDASI OLEH PIHAK BAK (mohon bersabar).  Terkecuali mahasiswa yang pembayaran SPP nya mengalami  keterlambatan, wajib memvalidasi SPP kebagian Keuangan Rektorat Lantai 2.

Pengisian KRS Online Sem. Genap 16 s.d. 28 Februari 2015 Setelah jadwal tsb tidak ada pengisian/perubahan. Awal perkuliahan Semester Genap TA.2014/2015 pada tanggal 02 Maret 2015.

Untuk Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.