Penghentian Sementara Layanan NIDN Baru

Kepada Yth,

Pimpinan Perguruan Tinggi

di Seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan layanan forlap.dikti.go.id sedang maintenance, maka Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, untuk sementara belum bisa melayani semua proses ajuan NIDN baru dan perubahan data dosen lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, mohon menghubungi tim Forlap di Lt.9 Gedung D Ditjen Pendidikan Tinggi.

Demikian disampaikan. Terimakasih

Tim IT Diktendik

Sumber :http://dikti.go.id/

Maintenance Data Dosen PD-Dikti

Sehubungan dengan adanya maintenance data dosen pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang sudah dilakukan sejak dua minggu yang lalu dan sampai dengan hari ini belum selesai, maka layanan beberapa menu di Serdos menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan Serdos menggunakan data dasar dosen dan pelaporan PT dari PDDikti. Dengan demikian, gangguan/ketidaksahihan data di PDDikti yang dilihat oleh perguruan tinggi juga berpengaruh di Serdos, utamanya dalam tampailan data D1-D2 di PDDikti.

Mengikuti perkembangan di atas, jika PT menemukan ketidaksahihan data dosen dan pelaporan, maka mohon kiranya Perguruan Tinggi dapat menghubungi Bagian Informasi dan Pelaporan (Forlap) Ditjen Dikti di Gedung D lantai 9, Jln. Raya Jend Sudirman Pintu I, Senayan Jakarta 10270 untuk mendapatkan penyelesaian lebih lanjut.

Data proses dan hasil Serdos pada Gelombang 1 dan Gelombang 2 tahun 2014 dan periode sebelumnya yang sudah diyudisiumkan di tingkat nasional tidak ada perubahan, sehingga DYS tidak perlu panik dan khawatir kehilangan datanya. Pencetakan sertifikat pendidik bagi DYS yang dinyatakan lulus akan dilakukan oleh PTPS setelah proses maintenace di PDDikti selesai dilakukan dan blangko sertifikat selesai didistribusikan.
Demikian, terimakasih atas perhatiannya.

Sumber : http://serdos.dikti.go.id/

Dosen yang tidak diperbolehkan mengikuti sertifikasi dosen

Dosen yang tidak diperbolehkan mengikuti sertifikasi dosen adalah :

  1. Dosen tetap yayasan yang juga berstatus sebagai guru tetap yayasan dan telah mendapat sertifikasi pendidikan untuk guru
  2. Dosen tetap yayasan yang juga memiliki status kepegawaian sebagai PNS atau pegawai tetap di lembaga lain
  3. Dosen calon peserta sertifikasi yang sedang menjalani hukuman administrasi sedang atau berat menurut peraturan perundang-undangan / peraturan yang berlaku
  4. Dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar
  5. Dosen yang tidak lulus pada sertifikasi tahun 2011

Sumber http://forlap.dikti.go.id/manserdik/syaratsertifikasi

Persyaratan Dosen peserta sertifikasi

Dosen peserta sertifikasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2 / setara dari Program Studi Pasca Sarjana yang terakreditasi
  2. Dosen tetap di Perguruan Tinggi Negeri atau Dosen DPK di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat atau dosen tetap yayasan di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat yang telah mendapatkan Surat Keputusan Inpassing dari pejabat berwenang yang diberi kuasa oleh Mendiknas (pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2008)
  3. Telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun di Perguruan Tinggi tempat dosen bekerja sebagai dosen tetap
  4. Memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli
  5. Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) SKS pada setiap semester di perguruan tinggi di mana ia bekerja sebagai dosen tetap. Tugas tambahan dosen sebagai unsur pimpinan di lingkungan perguruan tinggi diperhitungkan SKS-nya sesuai aturan yang berlaku. Dosen yang telah selesai mengikuti tugas belajar dapat diikutkan sertifikasi apabila :
    • Telah dikembalikan secara resmi oleh institusi tempat belajar
    • Telah diberi tugas mengajar oleh Ketua Jurusan atau yang berwenang memberi tugas mengajar
    • Telah Aktif mengajar paling tidak 5 (lima) kali pada kelompok yang sama yang akan dimintai menilai kinerjanya sesuai instrumen persepsional mahasiswa
  6. Dosen yang belum memiliki kualifikasi akademik magister (S2) / setara dapat mengikuti sertifikasi apabila :
    • Mencapai usia 60 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 30 tahun sebagai dosen, atau memiliki jabatan akademik lektor kepala dengan golongan IV/C
    • Memiliki kriteria sesuai dengan butir 2 sd 5 di atas.
  7. Dosen yang mendapatkan izin belajar dari pimpinan Perguruan Tinggi atas biaya sendiri serta tidak meninggalkan tugas pokok sebagai dosen

Tes Urine Susulan (Mahasiswa Baru TA.2014/2015)

Tanggal 18 Oktober 2014 Jam 08.00-15.00 bertempat di GSG Unila.

Dengan catatan : Bagi Mahasiswa yang tidak ikut tes urine susulan tidak akan mendapatkan PIAGAM PROPTI. Berikut daftar nama mahasiswa yang belum melaksanakan tes Urine :

(Klik Untuk Melihat) DAFTAR NAMA MHS BARU 2014 BELUM TEST URINE

Jadwal Tes Urine Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015

Jadwal Tes Urine (Tes Anti Narkoba)  Mahasiswa Baru Tahun Akademik  2014/2015:

Jalur SNMPTN: 26 September 2014
Jalur SBMPTN: 29 September 2014
Jalur UML: 30 September 2014
Jalur Pralel, PMPAP, Kemitraan, Afirmasi/Papua: 08 Oktober 2014
PMPD: 09 Oktober 2014

Waktu Pelaksanaan Test Urine Dimulai Dari Jam 08.30 s/d 14.00 WIB, bertembat di GSG UNILA.

Total mahasiswa baru TA.2014/2015 yang akan mengikuti tes urine/tes anti narkoba sebanyak 6.873 Mahasiswa.

Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas Periode 1 2014/2015

Keputusan Rektor Universitas Lampung Tentang Lulusan Terbaik Universitas Program Magister, Sarjana, dan Diploma Universitas Lampung Periode 1 Tahun Akademik 2014/2015. Nomor:1429/UN26/DT/2014.

PROGRAM MAGISTER
Lulusan Terbaik Kesatu: Bernaditha Catur Marina (Teknik Sipil)
Lulusan Terbaik Kedua: Budimah (Teknologi Pendidikan)
Lulusan Terbaik Ketiga: Yohanes Agustiandaru (Hukum)

PROGRAM SARJANA
Lulusan Terbaik Kesatu: Dila Mutiara Sari (Akuntansi)
Lulusan Terbaik Kedua: Syaiful Fajri (PGSD)
Lulusan Terbaik Ketiga: Arif Munandar (Sosiologi)

PROGRAM DIPLOMA III
Lulusan Terbaik Kesatu: Fitri Azalea Hermasela (D3 Survey dan Pemetaan)
Lulusan Terbaik Kedua: Bilqis Anisah (D3 Perpustakaan)
Lulusan Terbaik Ketiga: Arif Munandar (D3 Keuangan dan Perbangkan)

Wisuda Periode 2 TA. 2014/2015 di Buka

Pendaftaran Wisuda periode 2 TA. 2014/2015 dibuka mulai hari Rabu, tanggal 17 September sampai dengan 31 Oktober 2014 atau mencapai Quota Maksimum 1100 calon wisudawan.

Di harapkan bagi para mahasiswa yang sudah memenuhi syarat untuk segera mendaftarkan diri sebagai calon wisudawan periode 2 TA.2014/2015. yang wisudanya akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Nopember 2014.

Jumlah Lulusan Wisuda Pada 17 September 2014

Kelulusan pada periode ini dikukuhkan dengan Keputusan Rektor Universitas Lampung. Wisuda Periode I Tahun Akademik 2014/2015, Nomor : 1429/UN26/DT/2014. Jumlah lulusan yang di wisuda pada  17 September 2014, yang terdiri atas:

           95  Orang Program Magister,
             8  Orang Program Profesi,
         677  Orang Program Sarjana,
         207  Orang Program Diploma,  

Sehingga mahasiswa yang masih aktif  sd saat ini sejumlah= 32.903 orang.
Total Lulusan Universitas Lampung yang telah disumbangkan kepada Bangsa dan
Negara Republik Indonesia sampai dengan Wisuda Periode I  Tahun Akademik 2014/2015
sejumlah = 82.571 orang lulusan.

Pengukuhan Guru Besar Prof. Drs.Wasinton Simanjuntak, M.Sc, Ph.D

Kamis, 18 September 2014 Universitas Lampung menambah lagi Guru Besar tetap dengan mengukuhkan Prof. Drs.Wasinton Simanjuntak, M.Sc, Ph.D dalam bidang Kimia Fisik dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Upacara pengukuhan dipimpin oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.s. Bertempat di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Jalan Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedung meneng Bandar Lampung.

Dalam pengukuhannya, Prof. Drs.Wasinton Simanjuntak, M.Sc, Ph.D memaparkan orasi ilmiah berjudul “ Teknologi Bersih Berbasis Proses Elektrokimia”. Ia mengatakan, dalam kesempatan ini saya akan mengemukakan aplikasi proses elektrokimia dalam beberapa bidang, berdasarkan hasil penelitian yang telah saya lakukan lebih dari sepuluh tahun belakangan ini. Dalam kurun waktu tersebut, saya bersama anggota kelompok penelitian saya, telah melakukan serangkaian penelitian dalam bidang elektrokimia yang difokuskan dalam dua bidang aplikasi. Bidang pertama adalah pengolahan air dengan dua sasaran, yakni penyisihan bahan/polutab organik dengan metode elektrokoagulasi dan pemusnahan mikroorganisme dalam air dengan metode elektrodisinfeksi. Bidang kedua adalah preparasi alumina dan zeolit sintetik dengan metode elektrokimia (elektrosintesis) dan pemanfaatan zeolit sintetik yang dihasilkan sebagai katalis heterogen untuk pengolahan minyak nabati menjadi biodiesel. Read more »